“Ragam jenis kupu-kupu di Kampus IPB-Darmaga”

‘Menakjubkan’ sebuah kata yang tanpa sadar akan terucap ketika kita melihat seekor kupu-kupu terbang atau berlenggak-lenggok di atas bunga. Warna dan coraknya yang beragam membuat kita berdecak kagum. Secara umum keluarga kupu-kupu dibagi menjadi tiga kelompok yang didasarkan pada waktu aktifnya, yaitu kupu-kupu, ngengat dan skipper. Kupu-kupu lebih sering terlihat aktif pada siang hari, ngengat pada malam hari dan skipper pada pagi dan sore hari. Kupu-kupu memiliki warna dan corak  yang lebih indah apabila dibandingkan dengan ngengat dan skipper, namun terdapat beberapa ngengat atau skipper yang memiliki warna dan corak yang indah.

Keelokan kupu-kupu sudah terdokumentasikan sejak beberapa abad silam, kekaguman manusia terhadap kupu-kupu dituangkan dalam bentuk lukisan atau gambar, seperti motif kupu-kupu pada kain sutra yang terdapat pada era dinasti Ming (1368-1644). Menikmati keindahan kupu-kupu dapat kita lakukan secara langsung atau melalui desain gambar yang saat ini banyak tersedia di internet. Menikmati keindahan kupu-kupu secara langsung tentunya memberikan sensasi yang berbeda apabila dibandingkan dengan gambar atau foto.

Kampus IPB-Darmaga menjadi tempat tinggal beberapa jenis kupu-kupu yang memiliki warna dan corak yang menawan, seperti kupu-kupu dari famili Papilionidae, Nympalidae dan  Pyralidae. Keberadaan beberapa taman dan tempat terbuka di lingkungan kampus menjadi menjadi rumah kupu-kupu ini. Kehadiran kupu-kupu di beberapa taman kampus turut mempercantik lingkungan kampus yang didominasi oleh bangunan dan gedung perkuliahan. Disamping itu, kehadiran kupu-kupu juga mampu menyegarkan pikiran kita yang selalu disibukkan oleh kegiatan akademis. Beberapa tempat yang menjadi rumah bagi kupu-kupu adalah taman Rektorat, taman masjid Al-Hurriyah dan kebun percobaan Biofarmaka.

            Junonia orithya, Ypthima baldus, Nyctemera coleta, Jamides celeno, Eurema blanda dan Doleschallia bisaltidae merupakan jenis kupu-kupu dapat dengan mudah kita jumpai di sekitar lingkungan kampus, terutama di taman Rektorat. Sedangkan untuk Ideopsis juventa, Euplea mulciber, Papilio demoleus, Papilio demolion cukup sulit untuk dijumpai dan hanya terdapat di beberapa tempat saja, seperti di taman masjid Al-Hurriyah dan kebun percobaan Biofarmaka. Waktu yang tepat apabila kita ingin melihat kupu-kupu tersebut adalah sekitar pukul 09.00 sampai dengan 12.00 WIB.

6 Comments

Leave a Reply