Acara Olimpiade Lingkungan ini merupakan upaya pendidikan lingkungan kepada siswa SMA dan/atau sederajat. Program tahunan ini dikemas dalam serangkaian lomba yang terdiri dari Lomba Cepat Tepat Konservasi (LCTK), creative concept and product, dan film dokumenter.

dan Lomba Desain Poster (LDP). LCTK, Final CCP, Final LDP Final film dokumenter  dilaksanakan dalam waktu yang sama dan merupakan  puncak acara dari Olimpiade Lingkungan yang akan dilaksanakan di kampus IPB darmaga.

Lomba Cepat Tepat Konservasi

               Tema LCTK adalah “Conservation for All”. Materi yang diangkat pada LCTK ini, terklasifikasi menjadi komponen lingkungan, fungsi lingkungan, manfaat lingkungan, hubungan antara lingkungan dengan manusia, dampak dan penyebab kerusakan lingkungan serta upaya-upaya menjaga lingkungan.

LCTK terdiri dari tiga babak yaitu kualifikasi, semifinal, dan final. Babak kualifikasi berupa tes tertulis yang diikuti oleh seluruh tim yang mendaftar. Sembilan tim yang lolos babak kualifikasi akan maju ke babak semifinal. Babak final hanya diikuti oleh tiga tim yang akan memperebutkan juara I, II, dan III. Babak semifinal dan final berupa lomba cepat tepat. Juri dalam acara ini berasal dari dosen Fakultas Kehutanan IPB dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Moderator untuk LCTK berasal dari LSM.

Lomba Creative, Concept And Product (LCCP)

Lomba CCP  terdiri dari dua babak yaitu babak kualifikasi dan final. Babak kualifikasi berupa seleksi kreasi yang dikirimkan lewat pos atau email. Tiga orang yang lolos seleksi akan menempuh babak final berupa presentasi dan tanya jawab dengan panelis tentang esay dari masing-masing pemenang. Final akan dilaksanakan pada hari dan tempat yang sama dengan dilaksanakannya LCTK. Juri dalam lomba ini berasal dari dosen Jurusan Sosiologi Pedesaan UI, dosen Jurusan Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat IPB, dan Dosen Fakultas kehutanan IPB.

Lomba Desain Poster

Lomba Desain Poster terdiri dari dua babak yaitu babak kualifikasi dan final. Babak kualifikasi berupa seleksi poster yang dikirimkan melalui pos dan email. Tiga orang yang lolos seleksi akan menempuh babak final. Babak final dilaksanakan pada hari yang sama dengan pelaksanaan LCTK. Pada final tersebut, tema yang diberikan berbeda dengan tema sebelumnya namun belum diketahui oleh finalis dan pembuatan desainnya akan dilaksananakan pada hari itu juga. Juri dalam lomba ini berasal dari dosen Jurusan Arsitektur Landscape IPB, dosen Jurusan Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat IPB, dan salah satu penggiat senirupa dari komunitas Salihara.

Lomba Pembuatan Film Dokumenter

Lomba Desain Poster terdiri dari dua babak yaitu babak kualifikasi dan final. Babak kualifikasi berupa seleksi poster yang dikirimkan melalui pos dan email. Tiga orang yang lolos seleksi akan menempuh babak final. Babak final dilaksanakan pada hari yang sama dengan pelaksanaan LCTK. Pada final tersebut, tema yang diberikan berbeda dengan tema sebelumnya namun belum diketahui oleh finalis dan pembuatan desainnya akan dilaksananakan pada hari itu juga.

3 Comments

Leave a Reply