Segala puji bagi Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala bentuk ciptaanNya termasuk sumberdaya alam dan perusaknya. Sebuah konsekuaensi harus diterima, ketika manusia hadir di bumi. Entah, akal yang dikaruniakan kepada manusia merupakan  sebuah bentuk berkah atau musibah. Namun yang pasti adalah manusia memainkan lakon penting baik sebagai penjaga maupun sebaliknya.

Usaha pelestarian lingkungan dipandang sebagai bentuk usaha pengabdian kepada alam atau lebih tepatnya pembayaran utang dari manusia atas hak-hak alam yang terus direnggut. Perusakan alam tak henti-hentinya menyesakkan nafas penghuni planet ini. Untuk itulah kami, Uni Konservasi Fauna IPB, tak henti-hentinya berupaya mengukir pergerakan dalam usaha pelestarian alam, khususnya fauna. Melalui upaya penghimpunan gagasan, moral, intektual, dan tenaga kami hadir sebagai wadah minat mahasiawa dan umum untuk memandang dan menjaga sisa kekayaan alam yang belum dan telah mengalami ancaman kepunahan.

Kami sadari usaha kami masih jauh dari kata ideal. Namun paling tidak diusia kami yang baru beranjak 9 tahun ini dapat menjadi bukti masih adanya semangat pelestarian fauna berbasis mahasiswa. Semoga pergerakan kami dapat menginspirasi lainnya.

 

Salam Hangat, Salam Lestari

Selamatkan Fauna Indonesia

Leave a Reply