Kegiatan UKF EXPO 2012  ini terdiri dari tiga rangkaian kegiatan yang dilakukan secara bertahap. Ketiga kegiatan tersebut yaitu Konfrensi Nasional, Exhibition, dan Fauna Tour.

 

National Conference on Coral Reef

Conference merupakan awal acara dari rangkaian kegiatan UKF EXPO 2012 dengan tema “Potensi Ancaman Kelestarian Terumbu Karang di Perairan Indonesia”. Pada conference ini akan diberikan subtema yang dipilih oleh peserta yang kemudian akan menjadi bahan diskusi kelompok .Kemudian masing-masing kelompok akan diberikan waktu untuk memaparkan hasil diskusi kelompok terkait dengan subtema yang telah dipilih. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 15 September 2012 di Auditorium Toyib Hadiwijaya.

 

Exhibition

Exhibition UKF EXPO 2012 merupakan pameran yang diikuti oleh seluruh divisi konservasi yang ada di UKF, perwakilan Taman Nasional yang ada di Indonesia serta LSM yang bergerak di bidang pelestarian fauna. Pada Exhibition tahun ini akan diadakan diskusi mengenai isu-isu lingkungan terkini yang dilaksanakan di tempat exhibition tersebut setiap harinya. Setiap peserta exhibition menunjukkan profil, program kerja, hasil kegiatan yang telah dilaksanakan. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan UKM-UKF IPB kepada mahasiswa Institut Pertanian Bogor, pelajar serta masyarakat umum, serta mensosialisasikan dan memberikan informasi tentang upaya-upaya pelestarian fauna di Indonesia.  Exhibition  dilaksanakan tanggal 3-7 September 2012 bertempat di Koridor Pinus IPB Darmaga.

 

Fauna Tour

Fauna Tour merupakan rangkaian terakhir UKF EXPO 2012. Peserta diajak untuk pengamatan kondisi terumbu karang di lokasi yang berpotensi sebagai tempat pelestarian terumbu karang. Kegiatan ini juga melibatkan masyarakat sekitar pesisir pantai Kepulauan Seribu. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 29-30 September 2012 bertempat di Kepulauan Seribu. Tujuan dari kegiatan ini agar peserta memahami pentingnya keberadaan terumbu karang untuk menjaga keseimbangan ekosistem laut.

Leave a Reply