Kegiatan UKF Join With Children 2012 merupakan salah satu kegiatan UKF di bidang Sosial dan Lingkungan yang sasarannya adalah anak-anak SD. Tahun ini UKF  Join With Chindren atau biasa disebut UJWC bertempat di SDN Gunung Bunder 04 yang lokasinya dekat dengan pintu gerbang Taman Nasional Gunung Halimun Salak.  Sasarannya adalah seluruh siswa kelas 5 SD tersebut. Tujuan kegiatan ini adalah agar siswa dapat ikut serta dalam pelestarian lingkungan. Selain itu, kegiatan ini juga mengenalkan siswa pada satwa dan upaya konservasi secara sederhana. UJWC dilaksanakan pada tanggal 26-27 Mei, 2 Juni, dan 10 Juni 2012. Terdapat tiga materi pokok yang disampaikan yaitu ekosistem, sampah, dan satwa.

Materi pada hari pertama UJWC pada tanggal 26 Mei 2012 adalah tentang ekosistem dan sampah. Setelah pembukaan dan ice breaking, siswa dibagi menjadi 7 kelompok dan didampingi oleh 1-2 orang pemateri. Setiap kelompok dibebaskan untuk belajar dimana saja sekitar sekolah dengan durasi satu jam. Setiap anak diberikan modul materi dan pemateri membawa alat bantu berupa kartu ekosistem. Materi ini mengenalkan kepada siswa tentang pengertian ekosistem, macam-macam ekosistem, pentingnya menjaga ekosistem, pengertian sampah, sumber sampah, pentingnya membuang sampah pada tempatnya, dan bahaya yang ditimbulkan sampah terhadap ekosistem di sekitar mereka. Setelah materi selesai, siswa dikumpulkan kembali dan dibagi menjadi 2 kelompok besar. Tujuannya adalah untuk memudahkan mobilisasi ke tempat aplikasi. Satu kelompok ke ekosistem sawah dan kelompok lain ke ekosistem hutan. Aplikasi ini bertujuan untuk mengenalkan siswa langsung kepada ekosistem yang ada di sekitar mereka, agar mereka lebih paham dengan materi yang disampaikan. Durasi untuk aplikasi kurang lebih 45 menit. Setelah kegiatan aplikasi, siswa dikumpulkan kembali untuk bermain games dan membuat ‘Pohon Harapan’ yang berisi janji para siswa untuk tidak membuang sampah sembarangan. Setelah itu siswa diperbolehkan untuk pulang.

Hari kedua UJWC pada tanggal 27 Mei 2012 diisi dengan kegiatan menanam pohon di sekitar sekolah. Sebelum menanam, siswa dikumpulkan di kelas untuk me-review kembali materi ekosistem dan sampah. Setelah itu dilakukan ice breaking dan games sebagai pemanasan. Acara dilanjutkan dengan sedikit pengarahan cara menanam oleh Kak Wahyu Iskandar. Lalu siswa secara bergantian mengambil bibit dan menanamnya di sekitar sekolah. Uniknya, bibit yang mereka tanam, diberikan tanda dengan menggantungkan plastik berisi kertas yang bertuliskan nama dan cita-cita mereka. Sehingga siswa lebih mempunyai perasaan memiliki terhadap pohon tersebut. Selain itu, mereka juga wajib untuk merawatnya dengan menyiraminya setiap pagi.  Harapannya mereka dengan senang hati akan merawat tanaman yang berisi harapan mereka.

            UJWC selanjutnya pada tanggal 2 Juni 2012 masih dilaksanakan di tempat yang sama. Di hari ketiga ini, materi yang disampaikan mengenai satwa. Kegiatan pemberian materi dibagi 2 sesi, yang pertama tentang pengertian satwa dan awareness diberikan oleh IAR (International Animal Rescue) yang merupakan salah satu LSM yang menjadi sponsor kegiatan UJWC ini. Selain itu juga, siswa diajak nonton film bersama yang berjudul bumi kura-kura. Film ini memceritakan kerusakan bumi yang berada dicangkang kura-kura akibat ulah para monyet yang terus merusak hutan. Materi selanjutnya dilanjutkan di Bunder Pass yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Tujuannya agar siswa tidak bosan dan tujuan lain adalah untuk mengenalkan siswa kepada habitat satwa dan satwa yang berada di sekitarnya. Tak lupa wali kelas dari siswa ikut mendampingi. Setelah materi usai dilanjutkan dengan permainan puzzle dan makan siang bersama. Hal ini bertujuan untuk lebih mengakrabkan panitia dengan peserta. Kegiatan hari ketiga ditutup dengan foto bersama.

Pada hari terakhir, Minggu 10 Juni 2012, siswa diajak untuk kunjungan ke Museum Zoologi dan Kebun Raya Bogor. Di dalam Museum Zoologi, siswa diajak berkeliling untuk melihat berbagai macam jenis fauna di Indonesia. Saat melihat, siswa dibagi menjadi 3 kelompok, kelompok aves, kelompok mamalia, dan kelompok insekta. Fauna yang berada di Museum Zoologi antara lain aves, mamalia, fauna perairan, reptile-amfibi, dan insekta. Setelah berkeliling, siswa diajak menuju taman di dekat pintu 3 Kebun Raya Bogor. Disana, siswa diajak untuk bermain games yang dibagi menjadi 3 pos, antara lain pos ular-tangga ekosistem, pos search and match fauna, dan pos rantai makanan. Tujuan dari permaianan ini adalah agar siswa mengerti tentang ekosistem satwa, mengetahui jenis-jenis satwa dan habitatnya, serta fungsi dari rantai makanan bagi satwa. Kegiatan ditutup dengan berfoto bersama, pemberian hadiah dan kenang-kenangan kepada siswa dan pihak sekolah.

Rangkaian kegiatan UJWC 2012 telah terlaksana dengan sukses. Siswa telah mampu memahami pentingnya menjaga lingkungan. Selain itu, siswa sudah mampu mengaplikasikan upaya konservasi secara sederhana di kehidupan sehari-hari seperti menanam pohon dan mengenal tentang satwa di sekitar lingkungannya.

 

 

 

 

Leave a Reply