Lingkungan hidup merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Lingkungan juga dapat mencerminkan karakter bangsa menjadi lebih baik atau buruk. Melestarikan lingkungan hidup merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditunda lagi, bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah atau pemimpin negara, tapi juga seluruh masyarakat, sejak dini hingga usia tua. Dalam upaya penyadartahuan pentingnya lingkungan bagi kehidupan, Uni Konservasi Fauna IPB (UKF IPB) menyelenggarakan sebuah kegiatan yang bernama OLIMPIADE LINGKUNGAN. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak siswa/i SMA secara khusus dan masyarakat secara umum untuk menjaga lingkungan sekitar mereka.

              Pada tahun ini adalah kali ketiga UKF menyelenggarakan Olimpiade Lingkungan. Tema tahun ini adalah “Cerdas dan Kreatif dalam Penanggulangan Sampah” dengan lingkup seluruh SMA/SMK/Sederajat di Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Kegiatan yang dilaksanakan pada 20 Oktober 2012 di Auditorium Toyib Hadiwijaya ini mampu mengundang lebih dari 20 sekolah dengan jumlah mencapai 150 peserta. Tahun ini, cabang lomba yang diadakan antara lain Lomba Cepat Tepat Konservasi (LCTK), Lomba Creative Product (LCP), Lomba Desain Poster (LDP), Lomba Creative Concept (LCC), dan Lomba Film Dokumenter (LFD).

              Registrasi peserta dimulai pukul 07.00 WIB. Kegiatan diawali dengan sambutan dari Lisa Adiyanti sebagaiketua pelaksana, dilanjutkan oleh Wahyu Iskandar sebagai Ketua Umum UKF, serta diakhiri oleh pembina kita, Dr. Ir. Jarwadi Budi Hernowo, MSc.F sekaligus meresmikan pembukaan kegiatan ini. Kegiatan selanjutnya yaitu diskusi yang disampaikan oleh Alm. Bapak Hapsoro, Ketua Komunitas Peduli Ciliwung (KPC). Beliau menyampaikan diskusi dengan bercerita mengenai pengalamannya menanggulangi sampah di sungai Ciliwung, serta perjuangan KPC dalam menanggulangi sampah di sekitar sungai ciliwung. Di akhir sesi ada beberapa pertanyaan dan diskusi singkat mengenai tema tersebut.

               Pelaksanaan lomba pun dimulai pada pukul 09.00 WIB, diawali dengan peserta Lomba Creative Product yang dibimbing menuju tempatnya masing-masing untuk dilakukan penilaian oleh juri sementara peserta Lomba Cepat Tepat Konservasi melaksanakan babak penyisihan. Para finalis Lomba Desain Poster pun dibawa ke ruangan lain dan diminta untuk membuat satu poster dengan tema dan bahan yang telah ditentukan oleh panitia yang selanjutnya akan dinilai oleh juri. Satu jam lamanya para peserta LCTK mengerjakan soal yang diberikan. Acara disusul dengan presentasi dari para finalis Lomba Creative Concept dan Lomba Film Dokumenter.

               Tengah hari yaitu tepat pukul 12.00 WIB, para peserta dan pendamping beristirahat. Kegiatan ini diisi untuk beribadah, makan siang, berbelanja souvenir khas IPB, mengisi papan testimoni, serta berfoto di photobooth. Apresiasi dari peserta cukup besar dalam Olimpiade Lingkungan, terlihat dari banyaknya komentar di papan testimoni yang mendukung kegiatan ini, harapan untuk ke depannya, atau sekedar memberikan komentar lucu. Setelah beristirahat selama 1 jam, MC membacakan peserta LCTK yang lolos ke babak semifinal. Sembilan orang perwakilan dari tim yang terpilih diminta untuk maju ke depan panggung untuk melakukan pengundian pembagian tim yang akan maju dalam babak ini. Babak semifinal LCTK cukup mendebarkan. Dari babak ini, dengan 3 tim didapatkan nilai terbaik untuk maju ke babak final. Tim yang melanjutkan ke babak final ialah MAN Surade dari grup A, SMAN 1 Jasinga dari Grup B, serta SMA Kosgoro dari Grup C. Para pendukung pun berusaha memberikan semangatnya untuk masing-masing tim. Soal yang diberikan mencakup soal wajib, yaitu soal yang harus dijawab oleh setiap tim, soal rebutan, serta tarung nilai.

                Pada soal tarung nilai, para peserta diberikan satu buah studi kasus mengenai lingkungan. Setiap tim diminta untuk mempertaruhkan nilai yang mereka punya dan menjawab soal tersebut. Pada saat itu, persaingan cukup ketat dimana setiap tim berpeluang untuk menjadi juara satu, tergantung dari nilai yang mereka pertaruhkan dan benar atau tidaknya jawaban mereka. Dan akhirnya, MAN Surade berhasil menjadi juara satu dalam Lomba Cepat Tepat Konservasi tahun ini. Sebagai penutup, MC mengumumkan para pemenang dari setiap lomba. Para pemenang dari setiap lomba diminta untuk maju ke atas panggung untuk penyerahan piala, uang pembinaan, serta voucher hadiah dari sponsor. Berikut adalah para pemenang untuk setiap perlombaan.

        1. Lomba Cepat Tepat Konservasi

Juara I                    : MAN Surade

Juara II                  : SMAN 1 Jasinga

Juara III                : SMA Kosgoro Bogor

        2. Lomba Creative Concept 

Juara I                   : SMAN 1 Singaparna

Juara II                  : MAN Insan Cendekia

Juara III                : SMAN 12 Jakarta

         3. Lomba Creative Product

Juara I                   : SMAN 1 Bogor (Bunga Lampu)

Juara II                 : SMAN 4 Pandeglang (Mini Mr. Case)

Juara III                : SMAN 1 Sukabumi (Lukisan Plastik)

       4. Lomba Desain Poster

Juara I                    : SMAI Al-Azhar Kelapa Gading (a.n. Ayu Hapsari Z.)

Juara II                  : SMAN 1 Singaparna (a.n. Teguh Dwi Prayoga)

Juara III                : SMA Korpri Bekasi (a.n. Sultan Rafi D.)

Juara Favorit        : SMAN 1 Indramayu (a.n. Moch Fajar S.)

       5. Lomba Film Dokumenter

Juara I                   : SMAN 1 Singaparna

Juara II                  : SMAN 1 Leuwiliang

                                                                     Juara Umum Olimpiade Lingkungan 2012

                                                                                         SMAN 1 Singaparna

             Olimpiade Lingkungan 2012 telah berakhir dengan sukses. Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu kegiatan ini, dari IPB, sinde, paparons pizza, dan ali baba restaurant sebagai sponsor acara, serta seputarkampus.com dan pena aksi sebagai media partner dalam kegiatan ini. Semoga acara ini menjadi peringatan bagi kita untuk selalu menjaga lingkungan, salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan. Selamat kepada para menenang dan sampai jumpa di Olimpiade Lingkungan berikutnya.

 

Tim Olimpiade Lingkungan 2012

One Comment

Leave a Reply