PapilionidaeSaya sering mendapatkan pertanyaan mengenai apa sebenarnya kupu-kupu, ngengat dan skiper itu. Banyak yang menjelaskan dengan pengertian bahwa kupu-kupu itu adanya siang hari, ngengat itu malam hari, dan skiper itu yang seperti pesawat ulang-alik. Atau kupu-kupu itu yang berwarna-warni dan ngengat lebih kusam.

Tidak-apa-apa memang, sebagian besar ngengat memang nokturnal meski ada juga yang siang hari mereka terbang. Namun untuk perbedaan warna akan lebih menyesatkan karena tidak sedikit kupu-kupu yang berwarna kusam dan ngengat yang berwarna cerah dan indah.

Dalam artikel ini akan saya coba jelaskan apa yang sering kita sebut kupu, ngengat dan skiper. Ketiga hewan tersebut adalah serangga yang masuk kedalam ordo Lepidoptera atau dalam inggris Butterfly dalam bahasa Indonesia kupu-kupu. Nah, disini mulai rancu ketika kita mengalih bahasakan Lepidoptera menjadi kupu-kupu. Karena ngngat dan skiper termasuk kupu-kupu.lycaenidae
Oke kita sebut saja Lepidoptera. Ordo ini, Lepidoptera, memiliki ciri khas pada sayapnya yang seperti terbuat dari kumplan sisik-sisik halus. Sehingga ketika kita pegang sayapnya akan ada sesuatu yang menempel di tangan seperti sisik-sisik kecil. Baik kupu, ngengat dan skiper memiliki struktur sayap yang sama. Lalu apa yang membedakan kupu, ngengat dan skiper sebenarnya?
Dalam taksonomi kupu, ngengat dan skiper adalah Lepidotera yang berbeda pada tingkat Family. Namun bukan berarti Lepidoptera hanya memiliki 3 Family yaitu kupu, ngengat dan skiper. Family Lepidoptera sangat banyak (kebetulan belum tahu berapa jumlahnya, yang jelas lebih dari 10).
Kita mulai pada kupu-kupu dulu. Apa yang sering kita sebut dengan kupu-kupu tersebut sebenarnya adalah 5 family dari Lepidoptera. Antara lain adalah Papilionidae, Nymphalidae, Pieridae, Lycaenidae dan Riodininae.Kelima family ini digolongkan pada satu superfamily Papilionoidea (bedakan, papilionidae dan papilionoidea). Ciri-ciri utama mereka adalah memiliki antena menggada seperti korek api.
Yang kedua adalah skiper. Tidak seperti kupu-kupu, skiper hanya memiliki satu family saja yaitu Hesperidae. Ciri-cirinya adalah antenanya yang berbentuk seperti pengait atau pancing pada ujungnya. Biasa terbng pada pagi atau sore hari. Ukurannya kecil dan jika hinggap bentuk sayap seperti pesawat.

nictimera
Yang terahir adalah ngengat. Nah ngengat memiliki banyak family, dengan berbagai macam ciri-ciri. Aantenanya pun bermacam-macam. Jadi, gampangnya semua lepidoptera yang antenanya bukan seperti kupu-kupu ataupun skiper adalah ngengat.
Jadi kesimpulannya apa? Bagaimana kita membedakan kupu, ngengat atau skiper? Lihatlah antenanya. Apakah seperti korek api, ataukah seperti pancing, atau bukan keduanya (ada yang seperti sisir, ada yang hanya lurus saja dan macam-macam)?

One Comment

Leave a Reply