Pada dasarnya setiap individu harus mengajarkan suatu hal yang baik kepada individu lainnya. Dalam berorganisasi maka angkatan yang sebelumnya wajib untuk mengajarkan menularkan seluruh kemampuan dan kebudayaan organisasi itu. Banyak kejadian dimana proses tersebut menjadi tidak berjalan dengan baik karena cara untuk menyalurkan yang kurang tepat. Sehingga perlu diadakan sebuah pelatihan bagaimana cara mentransfer hal-hal baik tersebut supaya dapat diterima anggota baru dengan baik dan menyenangkan. Usaha yang dilakukan oleh Uni Konservasi Fauna adalah dengan membentuk tim pendidikan. Tim pendidikan inipun dirasa masih kurang cakap untuk melakukan tanggung jawab yang cuku bsar tersebut. Maka langkah yang diambil adalah dengan memberikan pendidikan dahulu pada tim pendidikan agar menjadi pendidik yang ideal. Salah satu kegiatan untuk mewujudkan itu adalah TOT (Training Of Trainer).

Pembekalan oleh Pak Dhe bagaimana sebagai pendidik

TOT merupakan kegiatan yang dilakukan berdasarkan silabus pendidikan yang akan disampaikan ke angkatan baru. Kegiatan ini juga melatih tim pendidikan terbiasa dengan suasana mendidik. Disamping itu juga memberikan gambaran bagaimana cara untuk membuat kegiatan yang cukup menguras otak menjadi kegiatan yang menarik tanpa mengurangi pemahaman akan materi ataupun nilai-nilai yang dibawakan. TOT dilakukan oleh trainer yang cukup kompeten di bidang pendidikan khususnya di UKF, pada kesempatan ini trainernya adalah Pak Dhe, Ka Peni, dan cindeReyna. Mereka merupakan angkatan terdahulu UKF yang cukup berpengalaman untuk masalah akademik ataupun non akademik.

Proses pembekalan yang dilakukan dengan santai serta keseriusan untuk menerima pembekalan dari yang berpengalaman.

Kegiatan TOT hari ini dihadiri oleh Dandung, Osa, Aditya(Codot), Bayu, Habib, Bapak Isal (Ketum cuy) Vira, LIna, Ayu, Sisi, dan Novi. Keseluruhannya merupakan anggota aktif ukf yang berkewajiban untuk mendidik angkatan baru. TOT hari ini dilaksanakan di taman rektorat IPB (KOIN) pemilihan tempat ini tidak asal ya, alasannya adalah areanya luas, cukup teduh serta kita dapat mempraktekkannya secara langsung. Pelaksanaan TOT pada hari sabtu tanggal 4 Maret 2017 dimulainya sih jam 11.00-15.00 padahal janjiannya jam 10.00. ketika kegiatan dilaksanakan alam mendukung dengan langit yang cerah tetapi tidak begitu panas.

Praktikum secara langsung setelah dirasa cukup untuk teorinya

Kegiatan ini dimulai dengan sabutan dari trainer kemudian melakukan aktivitas yang membangkitkan fokus, semangat, dan keceriaan. Metode yang diajarkan pada anggota aktif adalah dengan membangun suasana yang menyenangkan didalam kelompok. Materi lainnya adalah  bagaimana menjadi fasilitator yang baik dan benar. Fasilitator haruslah dapat menjadi model dalam segala aspek yang akan ditularkan ke anggoa baru, mulai dari penampilan, sikap, kemampuan dan pengetahuan. Seorang faasilitator juga harus dapat menularkan suasana yang ingin dibagun dengan menunjukan dirinya sendiri melakukan hal tersebut. Dalam pendidikan UKF peran fasilitator sangat penting karena inilah yang akan menjadi panutan dari anggota baru.

Pemaparan infografis yang berasal daari pengalaman di hari itu

Hasil dari kegiatan TOT yang dirasakan oleh para peserta adalah ilmu pengetahuan yang sempat terlupakan, yang dahulunya sudah diajarkan, serta menariknya ilmu tersebut. Hal lain yang dirasakan adalah memberi gambaran bagaimana model kegiatan yang akan dibawakan selama mendidik angkatan baru. Manfaat lain ynag dirasakan adalah ideide kreatif dari anggota aktif muncul yang dituangkan dalam infografis, dan menulis sebuah reportase.

Acara TOT diharapkan dapat dilaksakan minimal satu kali dalam sebulan agar ketrampilan, pengetahuan, dan sikap anggota aktif UKF semakin JOOOOOSSSSSSSSSSSSS. Apalagi TOT yang akan datang membawakan materi yang menyenangkan serta dapat menjadi refreshing dari penatnya kuliah dan tugas. AYO KITA RAMIAKAN ACARA TOT SELANJUTNYA DEMI ILMU YANG BERMANFAAT UNTUK KITA DAN ORANGLAIN. DEMI UKF YANG SEMAKIN KECE DAN JOSSSSSSSSSSSS.

Penutupan diakhiri dengan foto bersama dimana keceriaan terpancarkan di sing hari yang terik.
Y X G KUY,…………………………………….. YUUUUKKK KKKKUUUYY
#YXGKUY
#TOTUKF
#PENDIDIKAN#UHUY

Leave a Reply