Forum

Welcome Guest 

Show/Hide Header

Welcome Guest, posting in this forum requires registration.





Pages: [1]
Author Topic: Millenium Development Goals (MDGs)
Mastika-
Wardhani
Newbie
Posts: 15
Permalink
Post Millenium Development Goals (MDGs)
on: March 20, 2012, 22:41
Quote

Millenium Development Goals (MDGs) saat ini merupakan salah satu isu dunia yang praktisnya berupa delapan tujuan utama pekerjaan rumah (pe-er) bersama seluruh negara dan masyarakat dunia, termasuk Indonesia yang harus direalisasikan sesuai target waktu yang disepakati. Presiden kita, Susilo Bambang Yudhoyono membawa Indonesia ke atas meja bersama 188 negara di dunia saat MDGs ini dirumuskan melalui Deklarasi Millenium pada tahun 2000 silam. Namun, apakah MDGs itu sendiri saat ini sudah berhasil disosialisasikan dengan baik oleh SBY melalui pemerintahannya kepada seluruh masyarakat di Indonesia?

Secara singkat, MDGs berupa delapan butir tujuan bersama yang mencakup pencapaian tujuan dalam beberapa bidang kehidupan.

Tujuan ke-1: Mengentaskan Kemiskinan dan Kelaparan
Tujuan ke-2: Mencapai Pendidikan Dasar untuk Semua
Tujuan ke-3: Mendukung Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan
Tujuan ke-4: Mengurangi Tingkat Kematian Anak
Tujuan ke-5: Meningkatkan Kesehatan Ibu
Tujuan ke-6: Memerangi HIV/AIDS dan Penyakit Menular Lainnya
Tujuan ke-7: Memastikan Kelestarian Lingkungan
Tujuan ke-8: Mengembangkan Kemitraan dalam Pembangunan

Di Indonesia sendiri, melalui program pencapaian MDGs, SBY (presiden kita) menginstruksikan penjabaran butir-butir tujuan di atas menjadi target-target yang lebih praktis dan derivatif. Berdasarkan situs resminya, MDGs sendiri oleh Indonesia diterjemahkan sebagai beberapa tujuan dan upaya pembangunan manusia, sekaligus sebagai usaha penanggulangan kemiskinan ekstrem.

Boleh dikatakan, presiden kita, SBY hingga saat ini tergolong salah satu dari beberapa kepala negara yang cukup aktif mewakili Indonesia dalam beberapa acara manifestasi internasional. Hingga periode kedua pemerintahannya ini SBY berulang kali ke luar negeri dan menghadiri pertemuan baik secara bilateral dengan beberapa kepala negara, maupun secara konferensional seperti pada beberapa konferensi isu perubahan iklim dan pemulihan ekonomi.

Saat ini boleh dikatakan pula bahwa Indonesia menjadi salah satu negara yang “diperhitungkan” dalam forum diskusi internasional. MDGs ini sendiri saat ini sudah memiliki sistem koordinasi sendiri yang oleh pemerintah Indonesia diupayakan agar bisa efektif dalam pencapaiannya.

Sayangnya, sekelumit masalah dalam negeri yang beberapa di antaranya tergolong krisis dan bersifat alot dalam penyelesaiannya, mau tidak mau menjadi pengalih perhatian pemerintah dan kalangan masyarakat dalam negeri dari hal-hal yang tak kalah penting dan esensial seperi realisasi MDGs. Dari kacamata penulis sendiri nampak hal-hal yang berupa kekhawatiran bahwa saat ini pemerintah sudah cenderung reaktif hanya pada isu-isu jangka pendek yang bergulir di masyarakat, baik itu menyentil pemerintah ataupun yang tidak.

Beberapa waktu yang lalu timbul diskusi kecil di beberapa kalangan aktivis dalam negeri yang menyinggung sikap SBY yang dianggap terlalu “cengeng” dan tidak esensial karena sangat mudah menanggapi kritikan kecil semacam pemberitaan media massa sedangkan sudah jarang membahas kiat praktis dalam merealisasikan program pembangunan jangka panjang yang disusun oleh pemerintahannya sendiri. Hal ini memang tidak bisa dipungkiri bahwa godaan pemerintahan yang dialami oleh SBY berisiko menjadi batu sandungan jalannya pemerintahan yang seharusnya lebih mengedepankan misi dan target-target pemerintahan yang lebih masuk akal dan realistis.

Hal lain adalah program peningkatan kesehatan ibu. Tingkat kematian Ibu karena proses melahirkan di Indonesia oleh WHO dikategorikan masih tinggi, yaitu 1 dari 65. Dalam sepuluh tahun terakhir, angka kematian Ibu di Indonesia menurun hanya sekitar 120, jadi butuh upaya besar jika target 2015 ditekankan pada semakin rendahnya angka kematian Ibu ini. Saat ini SBY masih setia dengan prgoram KB, program “warisan” penyelenggaraan kesehatan dari pemerintahan sebelumnya. Hingga saat ini pun belum begitu banyak dirasakan inovasi dan sosialisasi pencapaian tujuan KB sehingga tingkat kelahiran pun masih tergolong tinggi.

Bagaimanapun, program Millenium Development Goals (MDGs) ini sangat cocok merepresentasikan masalah-masalah yang dialami Indonesia. Adalah betul bahwa melalui MDGs negara-negara lain juga saat ini berjuang menyelesaikan masalah-masalah yang sama, dengan caranya masing-masing.

setidaknya mari kita dukung program MDGs melalui program pelestarian lingkungan serta pendidikan. Uni Konservasi Fauna harus bertindak.

life isnt just about finding treasure and victory. It's the journey shared, that makes it worth while

(untuk Presiden ku dan teman-temanku) 😀

yanuar
Administrator
Posts: 37
Permalink
Post Re: Millenium Development Goals (MDGs)
on: March 23, 2012, 21:54
Quote

trus biar itu terlihat dan masuk dalam keterlibatan MDGs gmana mih ?

Mastika-
Wardhani
Newbie
Posts: 15
Permalink
Post Re: Millenium Development Goals (MDGs)
on: June 25, 2012, 11:29
Quote

trus biar itu terlihat dan masuk dalam keterlibatan MDGs gmana mih ?

jika dikaitkan dengan 8 butir MDGs tsb, UKF sendiri telah berkontribusi seperti UJWC, penanaman, dan beberapa kegiatan lainnya. hanya saja mungkin publikasinya, untuk teknis program ini masuk MDGs saya juga masih mencari tau, info menyusul gan 🙂

yanuar
Administrator
Posts: 37
Permalink
Post Re: Millenium Development Goals (MDGs)
on: June 26, 2012, 07:37
Quote

siap-siap mih, jalur untuk publikasinya mungkin yang belum terlihat mih

Mastika-
Wardhani
Newbie
Posts: 15
Permalink
Post Re: Millenium Development Goals (MDGs)
on: February 8, 2013, 08:49
Quote

Hai guys.. long time no see on this gorgeous website...

Menindaklanjuti tulisan yang telah saya buat mengenai MDGs ini, temen2 bisa turut serta dan/atau megikuti award ini dengan cara submit program2 yg sesuai dengan kategori.. Silahkan check MILIST UKF atau kunjungi website http://www.indonesiamdgawards.com
Kantor Utusan Khusus Presiden RI untuk MDGs
Jl. Teuku Umar No. 10
Jakarta 10350, Indonesia
office: +62 (0) 21 31901268
fax: +62 (0) 21 31900502

saya telah mengirimkan form nya. Saya rasa UKF meiliki banyak program untuk dapat di submit ke dalam award tersebut.

We are young once, we can create! Salam Fauna 🙂

Pages: [1]
Mingle Forum by cartpauj
Version: 1.0.34 ; Page loaded in: 0.065 seconds.