Metamorfosa merupakan serangkaiian kegiatan awal kegiatan pendidikan anggota baru (Evolusi). Bentuk kegiatan Metamorfosa VIII adalah sebagai berikut :

Kegiatan Pembekalan

Kegiatan pembekalan dilaksanakan sejak awal metamorfosa yaitu terhitung mulai bulan November- 13 Desember 2011. Kegiatan ini menitikberatkan pada pemberian materi-materi yang berkaitan dengan kegiatan konservasi dan pengetahuan tentang bagaiman cara membaca medan dan bertahan hidup selama di lapang. Kegiatan ini tidak hanya sekedar pemberian materi, tetapi disediakan juga aplikasi dari materi yang telah disampaikan. Selain itu olahraga disisipkan dalam kegiatan ini. Hal ini bertujuan agar para peserta sudah terlatih fisiknya selama di lapang. Adapun materi-materi pe,bekalan yang akan disampaikan, antara lain :

Pemberian Materi

1   Kuliah Umum UKF dan Etika Lingkungan

2   Kuliah Perencanaan Perjalanan, Perlengkapan dan Pembekalan

3   Kuliah Iklim, Medan dan Ilmu Penaksiran

4   Kuliah Kesehatan Perjalanan dan Penanganan Gawat Darurat

5   Kuliah Komunikasi Lapangan

6   Kuliah Navigasi Darat dan Laut

7   Kuliah Pengantar Ilmu Survival, Botani dan Zoologi Praktis

8   Kuliah SAR

9   Kuliah Teknik Penyebrangan Sungai

10 Kuliah Habitat Satwa Liar, Sejarah dan Penyebaran Fauna serta Mobilisasi Satwa

a.  Kuliah Dasar Pengenalan Konservasi Fauna

b.  Kuliah Fotografi dan Jurnalistik alam bebas

c. Kuliah Teknik Umum Pengamatan Satwa Liar

Olah raga

Olahraga Metamorfosa VIII ini bertujuan untuk melatih jiwa dan raga agar sehat serta bugar. Olahraga juga diarahkan pada setiap pra-kegiatan lapang. Kegiatan olahraga ini diisi oleh peregangan otot, pemanasan, olahraga inti (lari), pendinginan, olahraga variatif (futsal, bulu tangkis), dan lain-lain sesuai kebutuhan. Olahraga dilakukan setiap hari sabtu dan minggu selama periode pendidikan di Kampus pada tanggal 16 November 2011 – 12 Januari 2012 pukul 06.00 dan 15.30 WIB.

Penugasan

Penugasan yang diberikan bertujuan untuk melatih keingintahuan peserta tentang materi kuliah yang disampaikan. Penugasan yang dilakukan diantaranya mencari informasi tentang taman nasional masing-masing famili/kelompok, presentasi identifikasi fauna TM Ragunan, UU no. 5 tahun 1990, daftar jenis fauna yang dilindungi, dan lain-lain.

Identifikasi Fauna

Identifikasi Satwa merupakan salah satu dari aplikasi kegiatan perkuliahan sabtu-minggu. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 27 November 2011, bertempat di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta. Bentuk dari kegiatan ini yaitu pengenalan berbagai jenis satwa yang terdapat di Ragunan sehingga mereka dapat mendeskripsikan dan membandingkan secara fisiologi satwa-satwa yang ada. Selain itu juga bisa menganalisis apakah kandang-kandang satwa tersebut dapt dikatakan layak atau tidak. Kegiatan Ragunan ini merupakan langkah awal untuk para peserta belajar menumbuhkan rasa cinta terhadap satwa.

Praktikum Lapang (Pengayaan)

Praktikum lapang dimaksudkan sebagai materi pengayaan aplikatif setelah materi kuliah diberikan. Kegiatan ini bertujuan agar peserta mempunyai gambaran secara nyata terhadap semua hal yang mereka dapatkan selama kuliah.

Orientasi Lapang

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 18-21 Desember 2009 bertempat di daerah Cisarua, Bogor. Kegiatan ini merupakan awal pengenalan para peserta terhadap medan di lapang dan sebagai pijakan awal mereka saat akan melaksanakan kegiatan puncak metamorfosa. Sehingga mereka bisa lebih mempersiapkan diri baik itu fisik maupun perlengkapan-perlengkapan yang dibutuhkan saat berada di lapang.

Jelajah Halimun

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 16 Januari – 25 Februari 2012, bertempat  Citalahab, Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Kegiatan ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan metamorfosa yaitu aplikasi semua materi-materi dan praktik lapang saat di Kampus

Leave a Reply