UKF EXPO merupakan salah satu kegiatan UKM Uni Konservasi Fauna IPB yang dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya. Tahun ini UKF EXPO 2013 mengangkat tema “Peran Masyarakat Adat dalam Upaya Konservasi Hutan”. Rangkaian kegiatan UKF EXPO dilaksanakan pada 28 September – 12 Oktober 2013 yang terdiri atas 3 kegiatan, diantaranya:

 

ZIARAH BUDAYA (28-29 September 2013)

Kegiatan pertama diawali dengan ZIARAH BUDAYA yang akan dilaksanakan pada tanggal 28-29 September 2013 di Kasepuhan Ciptagelar, Sukabumi. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui dan mempelajari kearifan lokal masyarakat Adat Kasepuhan Ciptagelar dalam mengelola sumberdaya alam secara langsung. Dalam ziarah budaya kita akan berdiskusi secara langsung dengan kapala adat (Abah Ugi) bersama baris kolot (tetua) masyarakat Adat Ciptagelar mengenai hal-hal yang terkait dengan upaya konservasi hutan. Reservasi tiket peserta Ziarah Budaya sebesar Rp. 120.000,00/orang.

EXHIBITION (07-10 Oktober 2013)

Setelah kegiatan ziarah budaya, kegiatan UKF EXPO 2013 dilanjutkan dengan kegiatan EXHIBITION yang dilaksanakan pada tanggal 7 – 10 Oktober 2013 di Koridor Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB. Kegiatan yang akan menampilkan pameran – pameran hasil ziarah budaya serta pameran foto, poster, info hingga peralatan yang berkaitan dengan upaya konservasi hutan oleh masyarakat adat di Indonesia, kemudian di malam terakhir penyelenggaraan EXHIBITION akan ditutup dengan pergelaran seni. Gratis untuk semua pengunjung.

SEMINAR NASIONAL (12 Oktober 2013)

Rangkaian acara UKF EXPO 2013 yang terakhir adalah SEMINAR NASIONAL yang akan dilaksanakan pada tanggal 12 Oktober 2013, Pukul 08.00 – 13.00 bertempat di Auditorium Toyib Hadiwijaya IPB. Topik yang diangkat dalam seminar ini yaitu “Peran Masyarakat Adat dalam Upaya Konservasi Hutan”. Dalam seminar akan dibahas kembali secara mendalam mengenai masyarakat adat, peran dan posisinya dimata Negara sebagai komunitas yang hidup bersinggungan langsung dengan hutan. Dalam seminar akan hadir tiga narasumber yang berkecimpung dalam bidang konservasi. Yang pertama adalah perwakilan Kementrian Lingkungan Hidup bagian Kearifan Lingkungan, perwakilan dari masyarakat adat serta praktisi hukum adat. Seluruh rangkaian kegiatan dibuka untuk seluruh mahasiswa Institut Pertanian Bogor dan umum. Untuk biaya pendaftaran Seminar Nasional sebesar @Rp. 25.000,00 untuk umum dan @Rp. 15.000 untuk S1/S0.

Info lebih lanjut, dapat menghubungi kamil (www.facebook.com/hasnakamila.wiyono)

Materi Seminar Nasional :

Download

Leave a Reply