Alam Terbuka Menjadi Wadah Pembelajaran

Kegiatan volunteer yang diikuti oleh anggota Uni Konservasi Fauna (Elif Ivana – UKF/DKE/16-382) kali ini bersama dengan KondoTakon serta berkolaborasi dengan Sekolah Tanah Tingal dalam kegiatan Fun Adventure. Kegiatan Fun Adventure  ini dilakukan pada tanggal 24-25 Maret 2022 di daerah Ciputat, Tangerang Selatan tepatnya di lingkungan Sekolah Tanah Tingal. Fun Adventure merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menambah wawasan peserta didik di Sekolah Tanah Tingal mengenai lingkungan sekolahnya serta menambah keterampilan peserta didik dalam kegiatan alam terbuka. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari berturut-turut, dimana hari pertama ditujukan untuk anak-anak kelas kecil (KB, TK, KKI, dan SD kelas 1). Hari kedua ditujukan untuk kelas besar (SD kelas 2-6). Peserta didik juga dilengkapi dengan jurnal yang berisi serangkaian petunjuk dan pertanyaan pendukung mengenai kegiatan Fun Adventure.

Tim KondoTakon melakukan persiapan kegiatan Fun Adventure. Foto: Greta Lumbanraja/Tim KondoTakon

Sedikit bercerita tentang KondoTakon dan Sekolah Tanah Tingal. KondoTakon merupakan organisasi yang memfasilitasi kegiatan pendidikan dan pelatihan berbasis kegiatan alam terbuka, KondoTakon percaya bahwa kegiatan alam terbuka adalah media yang cocok untuk proses belajar dengan mengalami secara langsung sehingga mampu menghasilkan keterampilan-keterampilan nyata untuk pengembangan diri yang lebih baik. Sejalan dengan itu, Sekolah Tanah Tingal merupakan sekolah berwawasan lingkungan. Dimana peserta didik akan belajar tentang lingkungan, bukan hanya alamnya saja, tetapi meliputi aspek sosial, budaya, agama, ekonomi, ilmu pengetahuan dan teknologi, dan lain-lain. Dengan tujuan yang sama KondoTakon dan Sekolah Tanah Tingal berkolaborasi dalam kegiatan Fun Adventure. Kegiatan Fun Adventure diawali dengan ice breaking dan grouping peserta.

Tim 1 Jaya Wijaya kelas kecil. Foto: Tim Sekolah Tanah Tingal.
Ice Breaking oleh Tim KondoTakon. Foto Tim Sekolah Tanah Tingal.

Kegiatan pada hari pertama ditujukan untuk peserta didik kelas kecil meliputi kegiatan yang mengasah kemampuan sensorik dan motorik seperti Nature Treasure Hunt (Leaf and Stick Hunting dan Mini Beast Hunting) dan Little Expedition. Nature Treasure Hunt bertujuan untuk mengeksplor kemampuan sensorik peserta didik dengan menggunakan kelima indranya seperti contoh mencari daun-daun sesuai bentuk daun yang terdapat di jurnal, mencari beberapa jenis serangga dan hewan, dan membedakan bentuk kasar dan halus. Selain itu terdapat kegiatan yang mengasah kemampuan motorik kasar seperti Little Expedition dengan melewati halang rintang yang telah dibuat oleh tim KondoTakon di sekitar lingkungan sekolah. Tidak lupa juga peserta didik diberi pemahaman mengenai prinsip-prinsip dasar dalam membangun tenda.

Pada hari kedua kegiatan ditujukkan untuk kelas besar dengan level yang berbeda pula. Kegiatan Fun Adventure untuk kelas besar meliputi kegiatan Orienteering yang bertujuan untuk memberi pemahaman kepada peserta didik mengenai posisi dan arah. Selain itu terdapat kegiatan Tree Hunter yang bertujuan untuk mengenali jenis-jenis pohon dan tumbuhan. Terdapat kegiatan pengamatan dengan menggunakan indra pendengaran pada malam hari yaitu Adventure After Dark, kegiatan ini bertujuan untuk mengenali suara-suara dan aktivitas yang ada di lingkungan sekolah pada malam hari serta mengenali hewan-hewan nokturnal. Sama dengan kelas kecil, kegiatan kelas besar juga meliputi pemahaman mengenai prinsip-prinsip dasar dalam membangun tenda.

Tim KondoTakon memberikan materi Orienteering. Foto: Tim Sekolah Tanah Tingal.
Kegiatan Adventure After Dark. Foto: Tim Sekolah Tanah Tingal.

Terdapat kegiatan jelajah danau dengan menaiki perahu karet dan api unggun sebagai kegiatan pelengkap kelas kecil dan kelas besar.

Peserta didik tampak antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Fun Adventure ini, kegiatan ini telah membuktikan bahwa alam terbuka dapat menjadi wadah yang cocok untuk belajar. “seru sekali kegiatannya Bu, tapi Ciputat sama seperti Bintaro panas banget” ujar Zahid salah satu peserta didik.

Tim 6 Krakatau kelas besar. Foto: Tim Sekolah Tanah Tingal

Tinggalkan Balasan